Wednesday, April 24, 2013

MAKALAH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MANUSIA

PENDAHULUAN
Pada dasarnya, perkembangan itu merujuk kepada perubahan sistematik tentang fungsi-fungsi fisik dan psikis. Perubahan fisik meliputi perkembangan biologis dasar sebagai hasil dari konsepsi (pembuahan ovum dan sperma), dan hasil dari interaksi proses biologis dan genetika dengan lingkungan. Sementara perubahan psikis menyangkut keseluruhan karakteristik psikologis individu, seperti perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan moral.
Seiring dengan berjalannya perkembangan pada manusiapasti ada faktor yang mempengaruhi perkembangan tersebut dan faktor ini sangat berperan penting dalam proses perkembangan hidup pada manusia.
Faktor-faktor ini di antaranya yaitu pengalaman, pendiddikn, keturunan, dam lingkungan. Dalam perkembangan pada anak, anak dapat berkembang karena dari hasil pengalaman-pengalaman yang anak peroleh. Pengalaman ini sangat mempengaruhi perkembangan pada anak, misalnya anak dalam sekolahnya mengikuti kegiatan dokter kecil, anak akan lebih mengetahui tentang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini anak akan memperoleh pengalaman tersendiri dan anak akan berfikiran lebih maju.
Kegiatan belajar akan membantu anak untuk melalui tahap-tahap perkembangan. Melalui pendidikan ank akan memperoleh pengetahuan, wawasan, pengarahan dan bimbingan. Pendidikan yang diperoleh akan mempengaruhi perkembangannya, jika pendidikanya baik maka perkembangannya juga baik, sebaliknya jika pendidikannya buruk maka perkembangannya juga buruk atau akan terhambat.
PEMBAHASAN
Sebenarnya, sudah beberapa abad lalu para ilmuwan dan para pemikir memperhatikan seluk-beluk kehidupan anak, khususnya dari sudut perkembangannya, untuk memengaruhi berbagai proses perkembangan, mencapai kesejahteraan, dan kebahagiaan hidup yang didambakan. Anak harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang matang, yang sanggup dan mampu mengurus dirinya sendiri, dan tidak selalu bergantung pada orang lain, atau bahkan menimbulkan masalah bagi keluarga, kelompok, atau masyarakat.
Persoalan mengenai faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia dapat di klasifikasikan menjadi 3 golongan yaitu :
1. Nativisme ( Internal )
Nativisme mengemukakan bahwa manusia yang baru dilahirkan telah memiliki bakat dan pembawaan, baik karena berasal dari keturunan orang tuanya, nenek moyangnya maupun karena memang ditakdirkan demikian. Manakala pembawaannya itu baik, baik pula anak itu kelak. Begitu pula sebaliknya, andaikata anak itu berpembawaan buruk, buruk pula pada masa pendewasaannya.
Menurut teori ini, pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh apa-apa. Pandangan seperti ini disebut dengan ‘’ Pesimisme Paedagogis’’.
Dikatakan, bahwa aliran ini bersifat pesimistis karena tanpa membutuhkan peran pendidikan. Para orang tua dan guru tidak perlu mendidik anak-anak karena tidak ada gunanya dan tidak dapat memperbaiki keadaan yang tersedia menurut dasar. Tokohnya Chomsky.
Teori ini diperkuat dengan faktor :
· Keturunan (warisan)
Hereditas merupakan ‘’totalitas karakteristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak atau segala potensi (baik fisik maupun psikis) yang dimiliki individu sejak masa konsepsi sebagai pewarisandari pihak orang tua melalui gen-gen’’ . Turunan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, ia lahir ke dunia ini dengan membawa ragam warisan yang berasal dari kedua orang tuanya atau kakek nenek, warisan (turunan dan bawaan).
Contoh dari faktor keturunan (Internal)
- Bentuk tubuh dan warna kulit
- Sifat-sifat yang dimiliki
- Integensi
- Bakat
- Penyakit atau cacat tubuh, dll
2. Empirisme
Aliran ini berpendapat bahwa perkembangan itu semata-mata berasal dari faktor lingkungan. Tokoh aliran ini adalah John Locke (1632-1704). Doktri aliran empiris terkanal dengan teori ‘’ tabula rasa’’. Doktrin tabula rasa ini menekankan pentingnya arti perkembangan, lingkungan,dan pendiddikan dalam arti perkembangan manusia itu semata-mata bergantung dari lingkungan dan pengalaman pendidikannya, sedangkan bakat dan pembawaan lahir dianggap tidak ada pengaruhnya. Aliran ini telah memunculkan ‘’optimisme paedagogis’’. Aliran ini disebut juga dengan Sosiologisme, karena sepenuhnya mementingkan atau menekankan pengaruh dari luar.
Teori ini diperkuat oleh faktor :
· Faktor Lingkungan
Lingkungan adalah ‘’keseluruhan fenomena (peristiwa, situasi, atau kondisi) fisik / alam atau sosial yang mempengaruhi perkembangan individu’’. Faktor lingkungan ini meliputi :
- Lingkungan keluarga
Lingkungan keluarga dipandang sebagai faktor penentu utama terhadp perkembangan anak. Alasan tentang pentingnya peranan keluarga bagi perkembangan anak, adalah : (a) keluarga merupakan kelompok sosial pertama yang menjadi pusat identifikasi anak, (b) keluarga merupakan lingkungan pertam yang mengenalkan nilai-nilai kehidupan kepada anak, (c) orang tua dan anggota keluarga lainnya merupakan ‘’significant people’’ bagi perkembangan kepribadian anak, (d) keluarga sebagai institusi yang memfasilitasi kebutuhan insani (manusiawi) baik yang bersifat fisik-biologis maupun sosiopsikologis dan (e) anak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga.
DAFTAR PUSTAKA
Baharuddin.2009.Pendidikan Psikologi Perkembangan.Jogyakarta:AR-Ruzz Media
Izzaty,Rita Eka.2008.Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta:UNY Press
Rochmah,Elfi Yuliani.2005.Psikologi Perkembangan.Yogyakarta : Teras
Sujanto,Agus.1988.Psikologi Perkembangan.Jakarta:PT.Rineka Cipta
Sholehudin,Sugeng.2008.Psikologi Perkembangan Dalam Perspektif Pengantar.Pekalongan:STAIN Pekalongan Press
Yusuf,Syamsu.2011.Perkembangan Peserta Didik.Jakarta:Rajawali Pers

Ditulis Oleh : Unknown ~ Komunitas Blogger Pekalongan

Hasan Ali Sobat sedang membaca artikel tentang MAKALAH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MANUSIA. Karena Adminnya Baik hati dan tidak sombong, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 Comments
Tweets

0 comments:

Next Prev Home